TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA

Harap Kirimkan Komentar Anda!!!

Kamis, 26 Januari 2012

Sejarah dan Perkembangan Akuntansi


EVOLUSI PEMBUKUAN PENCATATAN BERPASANGAN
Sejarah awal akuntansi 
Berbagai percobaan telah dilakukan untuk menyatakan lokasi dan waktu dari lahirnyasistem pencatatan berpasangan yang telah menghasilkan berbagai skenario. Kebanyakanskenario tersebut mengakui adanya kehadiran suatu bentuk pelaksanaan pencatatan disebagian besar kebudayaan sejak sekitar 3.000 tahun sebelum masehi.A. C. Littleton membuat daftar tujuh prasyarat bagi munculnya pembukuan yangsistematis :
Seni Penulisan ( The Art of Writing),
karena pembukuan pada intinya adalah sebuah catatan;
 Aritmetika (Arithmetic),
karna aspek mekanis dari pembukuan mengandung adanyaserangkaian perhitungan sederhana;
Milik Pribadi ( Private Property),
karena pembukuanhanya berkepentingan dengan pencatatan fakta-fakta mengenai harta benda dan hak miliknya;
Uang (Money)
yaitu transaksi yang belum selesai, karena tidak akan ada dorongan untuk membuat catatan apa pun jika seluruh pertukaran dilakukan di tempat saat itu juga;
 Perdagangan ( Commerce)
, karena sebuah penjualan lokal saja tidak akan menciptakancukup tekanan (volume bisnis) untuk merangsang manusia mengkoordinasikan berbagai pemikiran ke dalam suatu sistem;
Modal (Capital),
karena tanpa modal perdagangan tidak akan berarti dan pemberian kredit menjadi sesuatu yang tidak mungkin bisa dibayangkan.Masing-masing kebudayaan kuno yang disebutkan diatas telah mencakup prasyarat- prasyarat tersebut, sekaligus menjelaskan mengapa telah terdapat semacam pembukuandidalamnya. Jika kita ingin melacak ilmu yang penting ini (akuntansi) kembali ke asalusulnya, kita secara alamiah akan menganggap pertemuan pertamanya akan berasal dari para pedagang yang pertama; dan tidak ada seorang pun yang layak mengklaim hal itu tersebut.
 pada masa itu selain orang-orang Arab. Orang-orang Mesir, yang selama beberapa masamenunjukkan kejayaannya di dunia perdagangan, memperoleh pemikiran melakukan perdagangan tersebut melalui interaksinya dengan bangsa tersebut; dan, sebagaikonsekuensinya, dari merekalah orang-orang Mesir harus melakukan suatu bentuk pertamadari akuntansi, yang menurut cara perdagangan yang umum, dikomunikasikan ke seluruhkota-kota di Timur Tengah. Bisnis perdagangan, yang untuk setiap kota-kota perdagangan diEropa dihubungkan oleh orang-orang Lombardia, ikut pula memperkenalkan metode merekadalam pencatatan rekening, melalui penggunaan pencatatan berpasangan; yang kini dikenaldengan sebutan pembukuan Italia.Pembukuan Italia ini berkembang, seiring dengan perkembangan perdagangan darirepublik Italia dan penggunaan metode pembukuan pencatatan berpasangan di abad ke-14.Buku pencatatan berpasangan yang pertama kali dikenal adalah pembukuan Massari dariGenoa, yang bertanggal sejak tahun 1340.
 
 
Kontribusi Luca Pacioli 
Nama Luca Pacioli, seorang pastur dari ordo Fransiskus, pada umumnya diasosiasikandengan pengenalan pembukuan pencatatan berpasangan untuk pertama kalinya. Pada tahun1494 ia menerbitkan bukunya, Summa de Arithmetica Geometria, Proportioni etProportionalita yang didalamnya terdapat dua buah bab-de Computis et Scripturis-yangmenjelaskan pembukuan pencatatan berpasangan. Ia menyatakan bahwa tujuan pembukuanadalah “untuk memberikan informasi yang tidak tertunda kepada para pedagang mengenaikeadaan aktiva dan utang-utangnya”. Debit (adebeo) dan kredit (credito) digunakan dalam pencatatan untuk memastikan sebuah pencatatan berpasangan. Ia berkata, “Seluruh pencatatan harus berpasangan. Yaitu, jika Anda membuat seorang kreditor, maka Anda harusmembuat seorang debitor”. Tiga buku digunakan disini : sebuah memorandum, sebuah jurnal,dan sebuah buku besar. Pada waktu yang bersamaan, mengingat umur yang pendek dari perusahaan-perusahaan bisnis, Pacioli menyarankan perhitungan dari laba suatu periode dan penutupan buku. Dibawah ini adalah saran yang diberikan:Merupakan suatu hal yang baik untuk menutup buku setiap tahun, terutama jika Andamemiliki kerja sama kemitraan dengan pihak-pihak lain. Seringnya melakukan pencatatanakuntansi akan memperpanjang persahabatan.

1 komentar: